Recent Posts

Sabtu, 16 Oktober 2010

.. : Tugas Pengantar Energi "OFFSHORE" :..

OFF SHORE
Kelompok 2
PENGANTAR ENERGI
1.SALSABILLA (03091403009)
2.MUTIA RISA (03091403010)
3.AYU PUTRI NOVIANTY (03091403012)
4.MASAYU DEWI LIDYA O (03091403015)
6.ASTUTI (03091403021)
7.WIRATAMA H (03091403024)
8.RAKA FAJAR N (03091403037)
9.TIZANA LORENZA (03091403038)
10.CHRIS LUIGI (03091403039

Offshore Drilling


Pengeboran gas alam lepas pantai, dalam beberapa hal ratusan mil jauhnya dari daratan terdekat, memiliki sejumlah tantangan yang berbeda atas pengeboran darat. Mekanisme pengeboran sebenarnya digunakan untuk menyelidiki ke dalam dasar laut adalah sama seperti dapat ditemukan pada rig darat. Namun, dengan pengeboran di laut, dasar laut kadang-kadang bisa ribuan meter di bawah permukaan laut. Oleh karena itu, sedangkan dengan pemboran darat tanah menyediakan platform dari mana untuk bor, di laut platform pengeboran buatan harus dibangun.


Pengeboran lepas pantai tanggal kembali pada awal 1869, ketika salah satu paten pertama yang diberikan kepada TF Rowland untuk desain rig pengeboran lepas pantai nya. rig ini dirancang untuk beroperasi di dalam air yang sangat dangkal, tapi menara berkaki empat berlabuh mempunyai kemiripan banyak untuk rig lepas pantai modern. Tidak sampai setelah Perang Dunia II yang pertama lepas pantai baik, benar-benar tak terlihat dari tanah, dibor di Teluk Meksiko pada tahun 1947. Sejak itu, produksi lepas pantai, khususnya di Teluk Meksiko, telah menghasilkan penemuan dan pengiriman sejumlah besar besar deposit gas alam.
Template Drilling
Karena tanah yang akan dibor tidak dapat memberikan dasar untuk pengeboran lepas pantai seperti halnya untuk pengeboran darat, sebuah platform buatan harus diciptakan. Platform buatan dapat mengambil banyak bentuk, tergantung pada karakteristik sumur yang akan dibor, termasuk seberapa jauh air target pemboran. Salah satu bagian terpenting dari peralatan untuk pengeboran lepas pantai adalah template pengeboran bawah laut. Pada dasarnya, ini bagian dari peralatan menghubungkan situs bawah air dengan baik pada platform pengeboran di permukaan air. Perangkat ini, menyerupai cetakan kue, terdiri dari sebuah kotak baja terbuka dengan beberapa lubang di dalamnya, tergantung pada jumlah sumur yang akan dibor. Ini template pengeboran ditempatkan di atas situs dengan baik, dan biasanya diturunkan ke dalam posisi yang tepat dibutuhkan dengan menggunakan satelit dan teknologi GPS. Sebuah lubang yang relatif dangkal kemudian digali, di mana template pemboran adalah disemen ke tempatnya. Template pengeboran, dijamin ke lantai laut dan melekat pada platform pengeboran di atas dengan kabel, memungkinkan untuk pengeboran akurat untuk mengambil tempat, namun memungkinkan untuk pergerakan platform, yang pasti akan terpengaruh oleh pergeseran arus angin dan air.
Selain template pengeboran, sebuah pencegah ledakan dipasang di dasar laut. Sistem ini, sama seperti yang digunakan dalam pengeboran darat, mencegah setiap minyak atau gas dari merembes keluar ke dalam air. Di atas pencegah ledakan, sebuah sistem khusus yang dikenal sebagai 'riser laut' meluas dari dasar laut ke platform pengeboran di atas. Riser laut dirancang untuk rumah mata bor dan drillstring, namun cukup fleksibel untuk menghadapi gerakan dari platform pengeboran. Ditempatkan secara strategis sendi slip dan bola dalam riser laut memungkinkan bawah laut dengan baik untuk tidak terpengaruh oleh pitching dan rolling platform pengeboran

Moveable Offshore Drilling Rigs
Ada dua tipe dasar rig pengeboran lepas pantai: yang dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat, memungkinkan untuk pengeboran di beberapa lokasi, dan orang-orang rig yang secara permanen ditempatkan. rig dipindah-pindahkan sering digunakan untuk tujuan eksplorasi karena mereka jauh lebih murah untuk digunakan dibandingkan platform permanen. Setelah deposit besar hidrokarbon telah ditemukan, platform permanen dibangun untuk memungkinkan ekstraksi mereka. Bagian di bawah ini menggambarkan beberapa jenis platform lepas pantai bergerak.

Drilling Barges
 tongkang Pengeboran digunakan sebagian besar untuk pedalaman, pemboran air dangkal. Ini biasanya terjadi di danau, rawa, sungai, dan kanal. Pengeboran tongkang yang besar, platform mengambang, yang harus ditarik dengan kapal tunda dari lokasi ke lokasi. Cocok untuk masih, perairan dangkal, kapal tongkang pengeboran tidak dapat menahan pergerakan air berpengalaman dalam situasi air besar terbuka.

Jack-Up Rigs
 rig Jack-up yang mirip dengan tongkang pengeboran, dengan satu perbedaan. Setelah rig jack-up adalah diderek ke lokasi pengeboran, tiga atau empat 'kaki' diturunkan sampai mereka beristirahat di dasar laut. Hal ini memungkinkan platform bekerja untuk beristirahat di atas permukaan air, sebagai lawan dari tongkang mengambang. Namun, rig jack-up yang cocok untuk perairan dangkal, seperti memperpanjang kaki ini turun terlalu dalam akan tidak praktis. Rig ini biasanya lebih aman untuk beroperasi dari tongkang pengeboran, sebagai platform kerja yang ditinggikan di atas permukaan air.
biasanya lebih aman untuk beroperasi dari tongkang pengeboran, sebagai platform kerja yang ditinggikan di atas permukaan air
rig Submersible, juga cocok untuk perairan dangkal, seperti jack-up rig karena mereka datang dalam kontak dengan lantai laut atau danau. Rig ini terdiri dari platform dengan dua hulls diposisikan di atas satu sama lain. Lambung atas berisi tempat tinggal untuk awak kapal, serta platform pengeboran sebenarnya. Lambung bekerja lebih rendah seperti di luar lambung kapal selam - ketika platform sedang dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, lambung bawah diisi dengan udara - membuat seluruh rig apung. Ketika rig diposisikan atas situs bor, udara dibiarkan keluar dari lambung yang lebih rendah, dan rig submerses ke laut atau lantai danau. Rig jenis ini memiliki keuntungan dari mobilitas dalam air, namun sekali lagi penggunaannya dibatasi untuk area air dangkal.
Semisubmersible Rigs
rig pipelay adalah jenis yang paling umum dari rig pengeboran lepas pantai, menggabungkan keuntungan dari rig submersible dengan kemampuan untuk bor di air dalam. Sebuah rig pipelay bekerja pada prinsip yang sama sebagai submersible rig: melalui 'memompa' dan 'mengempis' dari lambung yang lebih rendah. Perbedaan utama dengan rig pipelay, bagaimanapun, adalah bahwa ketika udara dibiarkan keluar dari lambung rendah, rig tersebut tidak menenggelamkan ke dasar laut. Sebaliknya, rig sebagian terendam, tetapi masih mengapung di atas situs bor. Ketika pengeboran, lambung rendah, diisi dengan air, menyediakan stabilitas rig. rig pipelay diadakan di tempat oleh jangkar besar, masing-masing ke atas seberat 10 ton. Jangkar ini, dikombinasikan dengan bagian terendam rig, pastikan bahwa platform stabil dan cukup aman untuk digunakan di perairan lepas pantai bergolak. rig pipelay dapat digunakan untuk mengebor di dalam air lebih banyak dibandingkan dengan rig yang disebutkan di atas
Drillships
 Drillships adalah persis seperti mereka terdengar: kapal dirancang untuk melaksanakan operasi pengeboran. Perahu ini secara khusus dirancang untuk membawa platform pengeboran ke lokasi laut dalam. Sebuah drillship biasa memiliki, di samping semua peralatan yang biasanya ditemukan pada sebuah kapal laut besar, sebuah platform pengeboran dan kerekan terletak di tengah-tengah deck. Selain itu, drillships berisi lubang (atau 'moonpool'), memperluas tepat melalui kapal turun melalui lambung, yang memungkinkan bagi string bor untuk memperpanjang melalui perahu ke dalam air. Drillships sering digunakan untuk mengebor di dalam air yang sangat dalam, yang sering dapat bergolak. Drillships menggunakan apa yang dikenal sistem 'dynamic positioning' sebagai. Drillships dilengkapi dengan motor listrik pada bagian bawah lambung kapal, mampu mendorong kapal ke segala arah. Motor ini diintegrasikan ke dalam sistem komputer kapal, yang menggunakan teknologi satelit penentuan posisi, dalam hubungannya dengan sensor yang terletak pada template pengeboran, untuk memastikan bahwa kapal secara langsung di atas situs bor setiap saat.
Offshore Drilling and Production Platforms
Seperti disebutkan, rig bergerak biasanya digunakan untuk mengebor sumur eksplorasi. Dalam beberapa kasus, ketika sumur eksplorasi menemukan gas alam komersial atau deposito minyak bumi, akan ekonomis untuk membangun sebuah platform permanen dari yang baik penyelesaian, ekstraksi, dan produksi dapat terjadi. Ini, besar platform permanen sangat mahal, bagaimanapun, dan umumnya memerlukan besar deposito hidrokarbon diharapkan akan ekonomis untuk membangun. Beberapa platform lepas pantai terbesar terletak di Laut Utara, di mana karena cuaca buruk hampir konstan, struktur mampu menahan angin kencang dan ombak besar yang diperlukan. Sebuah platform permanen khas di Laut Utara harus mampu menahan kecepatan angin lebih dari 90 knot, dan gelombang lebih dari 60 meter tingginya. Sejalan dengan itu, platform ini adalah salah satu struktur terbesar yang dibangun oleh manusia. Ada beberapa jenis platform lepas pantai tetap, masing-masing berguna untuk berbagai kedalaman tertentu.

 Ini penggambaran pengeboran lepas pantai dan platform penyelesaian memberikan gambaran betapa besar ini rig lepas pantai dapat. Untuk referensi, platform tetap (yang dangkal ditampilkan) biasanya dalam waktu tidak lebih dari 1.700 meter air - bahwa ketinggian Bendungan Hoover, dari atas ke bawah, kurang dari setengah itu, hanya di bawah 730 kaki. Karena ukuran mereka, rig lepas pantai yang paling permanen dibangun dekat tanah, di potong. Sebagai komponen rig tersebut selesai, mereka dibawa keluar ke lokasi pengeboran. Kadang-kadang konstruksi atau perakitan bahkan dapat sebagai rig sedang diangkut ke tujuan yang diinginkan.
Fixed Platforms
Dalam kasus tertentu, dalam air dangkal, adalah mungkin untuk secara fisik melampirkan platform ke dasar laut. Inilah yang ditunjukkan di atas sebagai sebuah rig platform tetap. The 'kaki' yang dibangun dengan beton atau baja, memperpanjang bawah dari platform, dan tetap ke dasar laut dengan tumpukan. Dengan beberapa struktur beton, berat kaki dan platform dasar laut sangat besar, bahwa mereka tidak perlu secara fisik melekat pada dasar laut, melainkan hanya bertumpu pada massa mereka sendiri. Ada banyak kemungkinan untuk desain ini, platform tetap permanen. Keuntungan utama dari jenis platform adalah stabilitas mereka, karena mereka yang melekat pada dasar laut ada eksposur terbatas pada gerakan karena kekuatan angin dan air. Namun, platform ini tidak dapat digunakan dalam air yang sangat dalam, itu hanya tidak ekonomis untuk membangun kaki yang panjang.
Compliant Towers
menara Compliant jauh seperti platform tetap. Masing-masing terdiri dari sebuah menara yang sempit, yang melekat pada yayasan di dasar laut dan membentang hingga ke panggung. Menara ini fleksibel, yang bertentangan dengan kaki yang relatif kaku platform tetap. Fleksibilitas ini memungkinkan untuk beroperasi di air lebih banyak, karena dapat 'menyerap' banyak tekanan yang diberikan di atasnya oleh angin dan laut. Meski fleksibilitasnya, sistem menara compliant cukup kuat untuk menahan kondisi badai.
Seastar Platforms
Seastar platform seperti platform kaki ketegangan miniatur. Platform ini terdiri dari rig mengambang, sangat mirip dengan tipe pipelay dibahas di atas. Sebuah lambung rendah diisi dengan air saat pemboran, yang meningkatkan stabilitas dari platform terhadap gerakan angin dan air. Selain ini rig pipelay, bagaimanapun, platform Seastar juga menggabungkan sistem ketegangan kaki digunakan dalam platform yang lebih besar. Ketegangan kaki panjang, tendon berongga yang membentang dari dasar laut ke platform mengambang. Kaki ini disimpan di bawah tegangan konstan, dan tidak memungkinkan untuk setiap atas atau bawah pergerakan platform. Namun, fleksibilitas mereka tidak memungkinkan untuk sisi ke sisi gerak, yang memungkinkan platform untuk menahan kekuatan laut dan angin, tanpa melanggar kaki off. platform Seastar biasanya digunakan untuk waduk dalam air lebih kecil, bila tidak ekonomis untuk membangun platform yang lebih besar. Mereka bisa beroperasi di kedalaman air hingga 3.500 kaki.
Floating Production Systems
 sistem produksi Floating dasarnya rig pengeboran pipelay, seperti dibahas di atas, kecuali bahwa mereka mengandung minyak bumi alat produksi, serta peralatan pemboran. Kapal juga dapat digunakan sebagai pecahan sistem produksi. Platform yang dapat disimpan di tempat melalui besar, jangkar berat, atau melalui sistem dynamic positioning digunakan oleh drillships. Dengan sistem produksi mengambang, kepala sumur sebenarnya melekat pada dasar laut setelah pengeboran selesai, bukannya melekat sampai platform. Perminyakan diekstraksi ini diangkut melalui anak tangga dari kepala sumur ini ke fasilitas produksi pada platform pipelay. Sistem ini produksi dapat beroperasi di kedalaman air hingga 6.000 kaki.

Tension Leg Platforms
 Tension Leg Platform
platform kaki Ketegangan adalah versi yang lebih besar dari platform Seastar. Panjang, kaki fleksibel yang melekat pada dasar laut, dan menjalankan sampai dengan platform itu sendiri. Seperti dengan platform Seastar, kaki ini memungkinkan untuk signifikan sisi ke sisi gerakan (hingga 20 kaki), dengan gerakan vertikal kecil. platform kaki Ketegangan dapat beroperasi pada sekitar 7.000 kaki.
 Sistem Subsea
sistem produksi Subsea adalah sumur yang terletak di dasar laut, sebagai lawan di permukaan. Sama seperti dalam sistem produksi terapung, minyak bumi tersebut dipisahkan di dasar laut, dan kemudian 'diikat-back' ke platform produksi yang sudah ada. Sumur ini dibor oleh rig bergerak, dan bukannya membangun platform produksi yang baik, gas alami yang diekstrak dan minyak yang diangkut oleh riser atau bahkan pipa bawah laut ke platform produksi di dekatnya. Hal ini memungkinkan satu platform produksi strategis-ditempatkan untuk layanan banyak sumur di wilayah yang cukup besar. Subsea sistem biasanya digunakan di kedalaman 7.000 kaki atau lebih, dan tidak memiliki kemampuan untuk melakukan pengeboran, hanya untuk mengekstrak dan transportasi.

Spar Platform
platform Spar adalah salah satu platform lepas pantai terbesar di digunakan. Platform ini besar terdiri dari sebuah silinder besar mendukung platform rig khas tetap. Silinder tidak memperpanjang sampai ke dasar laut, tapi malah ditambatkan ke bawah oleh serangkaian kabel dan garis. Silinder besar berfungsi untuk menstabilkan platform dalam air, dan memungkinkan untuk gerakan untuk menyerap kekuatan badai potensial. Platform Spar pertama di Teluk Meksiko dipasang pada bulan September 1996. Its silinder diukur 770 meter dan 70 meter dengan diameter, dan platform yang beroperasi di 1.930 kaki air.

1 komentar:

  1. tugas ini adalah tugas kelompok 2 tekim 09 teknik unsri bukit palembang

    ini copy paste dalam bentuk power point ke word.

    gambarnya bisa di cari di google.

    bila ada kekurangan saya minta maaf..
    ini hanya sekedar berbagi ilmu

    ^^

    BalasHapus